X
Cart 0


Indonesia

Pelatihan dan Sertifikasi Asesor untuk Asesmen Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI-PT) di Universitas Terbuka
26 September, 2024 by
Pelatihan dan Sertifikasi Asesor untuk Asesmen Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI-PT) di Universitas Terbuka
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Universitas Terbuka, 18 September 2024 -Universitas Terbuka (UT) mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Asesor untuk Asesmen Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI-PT) sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi secara berkelanjutan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 18 hingga 20 September 2024, bertempat di Aula Gedung Kualitas Lantai 3.

Pelatihan ini dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari Ketua Program Studi, Tim Gugus Penjamin Mutu (GPM) pada fakultas dan Sekolah Pascasarjana, serta beberapa staf akademik dari Kantor Penjaminan Mutu (KPM) Universitas Terbuka. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada asesor internal  yang akan bertugas untuk melakukan asesmen internal terhadap program studi di UT.

Gambar 1. Pembukaan Kegiatan pelatihan Oleh Kepala PSDM-UT

Dalam pembukaan, Kepala Pusat Sumber Daya Manusia sebagai pihak penyelenggara menekankan pentingnya penjaminan mutu internal sebagai bagian integral dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. "Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua aspek penjaminan mutu internal dapat berjalan dengan baik dan sesuai standar yang telah ditetapkan," ungkap Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si.

Gambar 2. Penyampaian materi oleh narasumber

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kantor Manajemen Mutu IPB, yakni Dr. Wonny A. Ridwan, Prof. Pribadiyono, Dr. Yudi Chandirin, dan Dr. Warsito, S.P., M.M. Para narasumber telah membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam implementasi penjaminan mutu.

Gambar 3. Penyampaian materi oleh narasumber

Selama pelatihan, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai AMI-PT, serta penerapan prinsip-prinsip penjaminan mutu dalam konteks pendidikan tinggi. Diharapkan, dengan pelatihan ini, para asesor dapat lebih siap melaksanakan tugas sebagai asesor internal, sehingga dapat  berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Universitas Terbuka.

Kegiatan ini merupakan langkah penting bagi UT dalam komitmennya untuk terus meningkatkan sistem penjaminan mutu internal demi memenuhi ekspektasi dan kebutuhan seluruh pihak terkait dalam dunia pendidikan. [Written by Pesi Suryani]


Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.