X
Cart 0


Indonesia

Meningkatkan Standar Pendidikan Tinggi: Sosialisasi Permendikbudristek No. 53/2023 di Universitas Terbuka
31 May, 2024 by
Meningkatkan Standar Pendidikan Tinggi: Sosialisasi Permendikbudristek No. 53/2023 di Universitas Terbuka
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Pada tanggal 28 Mei 2024, Universitas Terbuka mengadakan kegiatan sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi di Aula Gedung Kualitas Lantai III. Acara ini menghadirkan narasumber terkemuka, Prof. Dr. Rer. Nat Imam Buchori, ST., Ketua Majelis Akreditasi BAN-PT, yang memaparkan pengetahuan dan wawasan mendalam mengenai implementasi kebijakan baru ini serta pentingnya penjaminan mutu dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Prof. Dr. Imam Buchori menekankan beberapa poin kunci dari Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, termasuk peningkatan standar mutu pendidikan, sistem akreditasi terpadu, peran aktif perguruan tinggi, dan penggunaan teknologi dalam proses penjaminan mutu. Beliau juga menjelaskan bahwa program studi yang sudah memiliki Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) harus mengajukan akreditasi  dan reakreditasi ke LAM yang bersangkutan, sedangkan program studi yang belum memiliki LAM tetap mengajukan akreditasi dan reakreditasi ke BAN-PT. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 Tahun 2023, akreditasi perguruan tinggi kini hanya memiliki dua status: terakreditasi dan tidak terakreditasi. Adapun status akreditasi program studi akan terdiri atas akreditasi sementara, terakreditasi, unggul, dan internasional.



    




Sosialisasi ini dihadiri secara luring oleh Ketua Senat Akademik Universitas, Sekretaris Majelis Wali Amanat, Para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Para Direktur pada Direktorat, Kepala Kantor, Kepala Pusat, Wakil Dekan Bidang Akademik, Staf Ahli Rektorat, Ketua Program Studi, dan Ketua Tim Gugus Penjaminan Mutu Fakultas. Sementara itu, peserta daring terdiri dari Direktur UT Daerah dan Tim Gugus Penjaminan Mutu UT Daerah.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. menyampaikan apresiasi kepada Prof. Dr. Imam Buchori atas kesediaannya menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau juga berharap agar sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesiapan seluruh sivitas akademika Universitas Terbuka dalam mengimplementasikan standar penjaminan mutu yang baru.

Acara sosialisasi ini ditutup dengan diskusi interaktif antara narasumber dan seluruh peserta guna mengklarifikasi beberapa hal terkait penerapan Permendikbud No. 53 dalam konteks UT sebagai Perguruan Tinggi yang menerapkan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh.


Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.