X
Cart 0


Indonesia

Belajar dari ITB, Prodi S1 Biologi FST UT Akan Ajukan Akreditasi Internasional ke ASIIN
16 August, 2024 by
Belajar dari ITB, Prodi S1 Biologi FST UT Akan Ajukan Akreditasi Internasional ke ASIIN
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki 134 program studi (prodi), 48 di antaranya sudah terakreditasi internasional. Dua puluh di antara ke 48 prodi dengan akreditasi internasional tersebut telah mendapatkan akreditasi dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) yang merupakan lembaga akreditasi internasional asal Jerman untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, serta biologi.

Komitmen kuat Universitas Terbuka (UT) untuk terus meningkatkan kualitas layanan dibuktikan dengan rencana untuk kembali melakukan akreditasi internasional. Kali ini, Prodi S1 Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang akan mengajukan akreditasi ke ASIIN. Untuk tujuan tersebut, pada Kamis 15 Agustus 2024, Prodi S1 Biologi UT melakukan studi banding (benchmarking) ke Satuan Penjaminan Mutu (SPM) ITB untuk belajar tentang seluk beluk pelaksanaan pengajuan akreditasi internasional ke ASIIN.

Pada kegiatan ini, delegasi UT yang terdiri atas Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UT, Dr. Subekti Nurmawati, M.Si., Kaprodi S1 Biologi, Dr. Elizabeth Novi Kusumaningrum, S.Si., M.Si., Manajer Penjaminan Mutu Akademik, Dr. Irsanti Widuri Asih, M.Si. dan Sri Utami, S.ST., M.Kes., Dosen Prodi S1 Biologi diterima dengan tangan terbuka dan semangat berbagi oleh Sekretaris SPM ITB, Ir. Winny Wulandari, Ph.D. Selain itu, Bapak Intan Taufik S.Si., M.Si., Ph.D., seorang pengajar dari Prodi S1 Mikrobiologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB turut menyambut Delegasi UT untuk memberikan penjelasan terkait pengajuan akreditasi ke ASIIN.




Pada pertemuan yang bertempat di Ruang Pertemuan A Gedung Rektorat ITB, Ir. Winny Wulandari, Ph.D. menyambut Delegasi UT dengan semangat berbagi untuk bisa sama-sama meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada Masyarakat melalui pendidikan tinggi. Delegasi UT yang diwakili oleh Dekan FST, Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. mengekspresikan ungkapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada ITB karena telah menerima permohonan melakukan studi banding ini. Ibu Nurma menyatakan bahwa ITB dan UT sudah seperti saudara sepersusuan karena di awal UT berdiri, UT mendapat support penuh dari ITB dan banyak akademisi ITB yang menduduki posisi penting di UT, di antaranya Prof. Dr. Ir. Bambang Sutjiatmo yang pernah menjabat sebagai Rektor UT ke 3 periode (1996-2001) dan  Prof. Ir. Subagjo yang pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor I UT.




Pada acara diskusi, Ir. Winny Wulandari, Ph.D. menjelaskan terlebih dulu mengenai sistem penjaminan mutu yang diimplementasikan ITB. Untuk Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), ITB meramu sendiri instrumen Audit Mutu Internal (AMI) berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang ditentukan oleh Kemendikbudristek. SPMI ITB mengalami transformasi instrumen hingga yang terakhir digunakan menjadi 32 standar.
Untuk Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), ITB melakukan akreditasi baik pada Tingkat nasional maupun internasional ke BAN-PT, Lembaga Akreditasi Mandiri dan ke Lembaga Akreditasi Internasional.




Untuk pengajuan akreditasi internasional ke ASIIN, selain penjelasan dari Ir. Winny Wulandari, Ph.D. terkait teknis pelaksanaan akreditasi, Delegasi UT juga mendapatkan penjelasan terkait substansi dari Bapak Intan Taufik S.Si., M.Si., Ph.D. Bapak Intan berbagi apa yang menjadi “ruh” dari akreditasi ASIIN dan berbagi tips apa saja yang perlu dipersiapkan secara matang dan fokus ketika mengisi instrument Sels-Assessment Report dan ketika visitasi.

Sebagai bonus, di akhir pertemuan juga hadir Dr. Yosi Agustina Hidayat ST, MT, yang juga menjabat sebagai Sekretaris SPM ITB yang berbagi tentang strategi ITB untuk terus meningkatkan posisi pada pemeringkatan World Class University (WCU) terutama di QS World University Ranking (WUR) dan QA By Subject.

Dari pertemuan ini, banyak hal yang didapatkan oleh Delegasi UT. Semoga semua oleh-oleh yang didapat dari ITB akan segera dieksekusi oleh Prodi S1 Biologi FST UT agar proses pengajuan akreditasi ke ASIIN dapat segera direalisasikan.


Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.