X
Cart 0


Indonesia

Penyamaan Persepsi Audit Mutu Internal (AMI) Akademik 2024
19 September, 2024 by
Penyamaan Persepsi Audit Mutu Internal (AMI) Akademik 2024
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Asesmen Mutu Internal (AMI) adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun untuk memastikan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi telah berjalan secara efektif. AMI merupakan suatu proses yang memberikan diagnostik dan refleksi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Dalam memastikan hal tersebut, Universitas Terbuka akan menyelenggarakan kegiatan AMI mulai bulan September sampai dengan November 2024. Dengan akan dilaksanakannya kegiatan AMI tersebut, Kantor Penjaminan Mutu (KPM) Universitas Terbuka mengadakan kegiatan penyamaan persepsi bagi yang diikuti oleh seluruh Ketua Program Studi dan para asesor AMI pada tanggal 10 September 2024 secara online melalui Zoom Meeting.

 

Kegiatan penyamaan persepsi AMI dilakukan untuk memberikan kesamaan dalam persepsi terkait tujuan AMI, langkah-langkah asesmen yang dilakukan, jadwal pelaksanaan, instrumen yang akan digunakan, serta cara pengisian instrumen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi, lead asesor, asesor, asesor magang, dan staf Kantor Penjaminan Mutu (KPM). Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. selaku Kepala KPM memberikan sambutan dalam kegiatan penyamaan persepsi, sekaligus membuka rangkaian kegiatan AMI 2024 dengan mengutip kalimat dari Bapak Rektor, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D: “Kualitas merupakan satu-satunya pilihan dan cara hidup kita dalam rangka menawarkan program-program pendidikan berkualitas kepada masyarakat.” Hal ini memiliki makna bahwa kualitas merupakan branding utama dari Universitas Terbuka yang harus diwujudkan bersama.

 

Dalam kegiatan penyamaan persepsi AMI tersebut, Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. juga menyampaikan hasil AMI yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 untuk masing-masing kriteria di seluruh Program Studi, baik di jenjang Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Hasil AMI 2023 ini merupakan dasar bagi Program Studi untuk melakukan perbaikan-perbaikan untuk AMI 2024. Diharapkan melalui AMI 2024 nantinya, kualitas akademik di UT mengalami peningkatan berkelanjutan untuk mendukung terselenggaranya pendidikan jarak jauh yang berkualitas tanpa batas.


Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.