X
Cart 0


Indonesia

Penjaminan Kualitas Manajemen Berkelanjutan Melalui AMI MPJJ 2024
9 September, 2024 oleh
Penjaminan Kualitas Manajemen Berkelanjutan Melalui AMI MPJJ 2024
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen secara berkelanjutan, Universitas Terbuka telah melaksanakan Audit Mutu Internal Manajemen Pendidikan Jarak Jauh (AMI MPJJ), yang dikoordinasikan oleh Kantor Penjaminan Mutu (KPM). AMI MPJJ merupakan suatu proses pengujian untuk memastikan kegiatan penjaminan mutu di UT telah sesuai dengan prosedur dan standar yang ditentukan untuk mencapai visi misi UT. AMI MPJJ juga dapat memberikan informasi mengenai area-area yang memerlukan perbaikan lebih lanjut. Fokus pada AMI MPJJ ini meliputi kebijakan mutu terkait daya jangkau, tata kelola, dan kualitas akademik.

 

Implementasi pelaksanaan AMI MPJJ dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. AMI MPJJ pada tahun 2024 ini dilakukan menggunakan bantuan aplikasi e-audit yang diakses melalui laman https://e-audit.mpjj.ut.ac.id/. Pelaksanaan AMI MPJJ dimulai pada bulan Juni 2024 sampai dengan bulan Agustus 2024. Sebanyak 39 UT Daerah dan 1 UT Layanan Luar Negeri telah diaudit oleh para auditor kompeten yang terdiri dari Lead Auditor, Auditor, dan Auditor Magang, yang secara keseluruhan berjumlah 48 orang.

 

Pelaksanaan AMI MPJJ secara luring ini berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Hasil dari AMI MPJJ ini adalah temuan-temuan audit yang terdiri dari temuan besar (major), yaitu temuan yang berdampak luas dan mengancam kegiatan organisasi dan temuan kecil (minor), yaitu temuan yang tidak berdampak luas terhadap kegiatan organisasi. Temuan-temuan tersebut nantinya menjadi dasar untuk merekomendasikan saran perbaikan dalam pelaksanaan manajemen pendidikan jarak jauh. Saran perbaikan yang diberikan melalui rangkaian kegiatan AMI MPJJ ini diharapkan lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses yang telah berjalan. Selain temuan dan saran perbaikan, juga ditemukan praktik baik yang dilakukan di beberapa UT Daerah. Praktik baik tersebut juga dapat diinformasikan dan diimplementasikan di UT Daerah lain.


di dalam Berita
Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.