X
Cart 0


Indonesia

Berburu Tips dan Semangat Positif Universitas Bengkulu dalam Meraih Akreditasi ACQUIN
26 Juli, 2024 oleh
Berburu Tips dan Semangat Positif Universitas Bengkulu dalam Meraih Akreditasi ACQUIN
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Kamis, 4 Juli 2024, menjadi tonggak perjalanan UT dalam mengupayakan teraihnya akreditasi internasional untuk sejumlah program studi (prodi) pada rumpun ilmu sosial dan humaniora. Delegasi UT yang terdiri atas Manajer Penjaminan Mutu pada Kantor Penjaminan Mutu (KPM), Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Sosiologi, Kaprodi S1 Administrasi Bisnis, Kaprodi S1 Administrasi Publik, Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi, Dosen Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, dan Dosen Prodi D4 Kearsipan pada FHISIP serta Kaprodi S1 Pendidikan Matematika, Kaprodi S1 Pendidikan Fisika, Kaprodi S1 Teknologi Pendidikan, Kaprodi S1 Pendidikan Kewarganegaraan, dan Koordinantor Akreditasi Internasional pada FKIP, melakukan benchmarking ke Universitas Bengkulu (Unib) dalam rangka pengajuan akreditasi internasional ke lembaga ACQUIN (The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute).


Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Bengkulu, Dr. Yulian Fauzi, S.Si, M.Si, didampingi  Kepala Pusat Penjaminan Mutu LPMPP Unib Dr. Gita Mulyasari, SP, M.Si, dan anggota Task Force Akreditasi Internasional ACQUIN Unib, menerima delegasi UT di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat dalam suasana penuh kekeluargaan. Pada acara pembukaan, Ketua LPMPP Unib menyampaikan keterbukaan mereka dalam menerima berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang datang dan berniat belajar dari pengalaman mereka, termasuk delegasi UT. Sementara itu, Manajer Penjaminan Mutu Akademik KPM UT, Dr. Irsanti Widuri Asih, S.Sos., M.Si. menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Unib yang dengan tangan terbuka menerima kunjungan delegasi UT untuk mempelajari seluk beluk akreditasi internasional oleh ACQUIN. Capaian Unib dengan terakreditasinya 68 prodi dan 1 akreditasi institusi oleh ACQUIN, merupakan alasan utama mengapa Unib menjadi tujuan utama kegiatan benchmarking ini.


Setelah acara pembukaan, pihak UT dan Unib terlibat dalam diskusi seru seputar pelaksanaan akreditasi ACQUIN, mulai persiapan, penyusunan dokumen self-evaluation report, pelaksanaan asesmen lapangan, hingga pasca pelaksanaan asesmen lapangan. Delegasi UT tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menggali berbagai informasi yang perlu diketahui dari pengalaman Unib. Acara pagi hingga siang hari itu diakhiri dengan pertukaran cinderamata, foto bersama, dan santap siang.






Setelah acara di LPMPP, agenda selanjutnya adalah diskusi dengan perwakilan FISIP dan FKIP Unib. Delegasi UT pun terpisah ke dua klister, FISIP dan FKIP. Di dua fakultas ini, delegasi UT kembali mendapat sambutan hangat dan berbagai insights penting seputar proses akreditasi oleh ACQUIN.





Dari hasil kunjungan ini, delegasi UT seperti mendapat energi baru karena aura positif yang ditularkan oleh teman-teman Unib. Delegasi UT pulang ke Pondok Cabe dengan segudang rencana di kepala untuk bersiap menghadapi proses akreditasi oleh ACQUIN.

di dalam Berita
Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.