X
Cart 0


Indonesia

Asesmen Mutu Internal sebagai Upaya Optimasi Peningkatan Kinerja dan Transparansi di Universitas Terbuka (UT) Bogor
16 September, 2025 oleh
Asesmen Mutu Internal sebagai Upaya Optimasi Peningkatan Kinerja dan Transparansi di Universitas Terbuka (UT) Bogor
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 
Bogor, 11 September 2025 - Universitas Terbuka (UT) Bogor terus memperkuat komitmennya dalam menjaga mutu penyelenggaraan pendidikan jarak jauh melalui kegiatan Asesmen Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan pada 09 -10 Sepetember 2025 oleh Kantor Penjaminan Mutu (KPM). Langkah ini merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja institusi sekaligus mewujudkan transparansi dalam tata kelola layanan akademik maupun non-akademik.


Kegiatan asesmen ini dilaksanakan sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu internal berkesinambungan, sesuai dengan  kebijakan dan standar yang ditetapkan oleh UT Pusat dan regulasi pendidikan tinggi nasional. Melalui asesmen, UT Bogor berupaya optimalisasi memastikan setiap proses, mulai dari manajemen internal, sumber daya, pembelajaran, layanan administrasi, hingga dukungan mahasiswa, terlaksana secara efektif, efisien, dan terukur.

Direktur-UT Bogor, Drs. Enang Rusyana, M.Pd., pada pembukaan asesmen menyampaikan bahwa AMI merupakan evaluasi formal dalam siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Penetapan (PPEPP) untuk menciptakan budaya mutu di lingkungan kampus.

“Dengan asesmen mutu internal yang lebih terstruktur dan dijalankan secara sistematis, independen, serta terdokumentasi, kami ingin menghadirkan sistem yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan layanan mahasiswa. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Terbuka sebagai institusi pendidikan tinggi terbuka, fleksibel, dan berkualitas,” ujarnya.

Tim asesor terdiri dari 2 (dua) orang yakni  Drs.Yos Sudarso M.Pd (Lead Asesor), dan Editha Natalina Nababan,S.T.,M.Ak.(Asesor). Para asesor meninjau dokumen, mewawancarai pimpinan, dosen, dan staf, serta mengamati langsung implementasi kebijakan guna memastikan kesesuaian dengan standar mutu yang berlaku. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memperoleh bukti yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai dasar penilaian mutu.



Fokus utama dari AMI sebagai  upaya optimasi peningkatan kinerja dan transparansi tahun ini mencakup:
1.       Evaluasi menyeluruh terhadap efektivitas pembelajaran jarak jauh,
2.       Monitoring layanan administrasi akademik dan kemahasiswaan,
3.       Peningkatan keterbukaan informasi publik terkait hasil asesmen dan tindak lanjut perbaikan.

Hasil asesmen yang diperoleh akan dirumuskan dalam bentuk rekomendasi strategis yang menjadi dasar perbaikan berkelanjutan. Dengan demikian, UT Bogor dapat terus meningkatkan kinerja, memberikan layanan prima, dan menjaga kepercayaan publik terhadap sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. 



Melalui kegiatan ini, Universitas Terbuka Bogor menegaskan komitmennya dalam menghadirkan pendidikan tinggi yang bermutu, transparan, serta mampu menjawab tantangan era digital dan kebutuhan masyarakat luas.  (Editha Natalina Nababan,S.T.,M.Ak.)


di dalam Berita
# AMI
Share this post
Our blogs

and then Add to Home Screen. To install this Web App in your ISO device press