X
Cart 0


Indonesia

Asesmen Lapangan Pertama Prodi Bidang Ilmu Ekonomi Dan Bisnis oleh Lamemba
6 Agustus, 2024 oleh
Asesmen Lapangan Pertama Prodi Bidang Ilmu Ekonomi Dan Bisnis oleh Lamemba
Yogie Bagas Pambagyo, S.T.
 

Tangerang Selatan, 5 Agustus 2024 – Pada tahun 2024, sejumlah program studi pada bidang ilmu ekonomi dan bisnis di Universitas Terbuka (UT), baik pada level sarjana maupun magister, mengajukan akreditasi ke Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA). Program studi yang mengajukan akreditasi antara lain S1 Akuntansi Keuangan Publik, S1 Ekonomi Syariah, dan Magister Manajemen. Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS) dan Dokumen Evaluasi Diri (DED) telah diunggah ke LAMEMBA melalui laman sistem akreditasi Lexa pada tanggal 8 Mei.

Setelah menunggu sekitar tiga bulan, pada hari Senin, 5 Agustus 2024, untuk pertama kalinya, program studi Magister Manajemen menjalani asesmen lapangan oleh asesor LAMEMBA. Asesmen ini dihadiri oleh dua orang asesor LAMEMBA, yaitu Prof. Dr. Tanti Handriana, S.E., M.Si., dan Prof. Dr. Nur Afifah, S.E., M.Si.

Acara pembukaan asesmen lapangan dihadiri oleh Rektor UT, Ketua Senat Akademik Universitas (SAU), Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA), Wakil Rektor 2 dan Wakil Rektor 3, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Kepala Kantor Penjaminan Mutu, Para Direktur Direktorat, Para Kepala Pusat, Kaprodi Magister Manajemen, Staf Ahli, Ketua Gugus Pengendali Mutu (GPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Sekolah Pascasarjana (SPs).

Dalam acara pembukaan, Rektor UT menyampaikan bahwa budaya mutu telah menggelora di UT sejak 2002. UT telah melalui berbagai proses sertifikasi untuk memastikan bahwa proses bisnis layanan pendidikan yang diberikan telah memenuhi standar-standar yang ditentukan, antara lain standar dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) dan International Standard Organisations (ISO).

Selanjutnya, Prof. Tanti dan Prof. Afifah sebagai tim asesor menyampaikan bahwa esensi pelaksanaan asesmen lapangan adalah untuk mengklarifikasi, mengkonfirmasi, dan memvalidasi semua data dan informasi yang dituangkan dalam DKPS dan DED dan akan dilaporkan ke Dewan Eksekutif LAMEMBA.

Agenda asesmen lapangan yang diselenggarakan selama dua hari ini antara lain mencakup konfirmasi hal-hal terkait kebijakan pengembangan, sistem tata pamong, sistem penjaminan mutu internal (SPMI), kerja sama, proses pembelajaran, penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dan keluaran dari kegiatan tri dharma dosen tetap. Selain melakukan pengecekan fasilitas, para asesor juga akan melakukan konfirmasi kinerja Prodi Magister Manajemen kepada dosen dan mahasiswa.

Dari proses asesmen lapangan ini, diharapkan Prodi Magister Manajemen akan mendapatkan hasil maksimal, yaitu peringkat akreditasi Unggul.

Selamat dan sukses untuk Prodi Magister Manajemen!


di dalam Berita
Share this post
Our blogs

To install this Web App in your ISO device press and then Add to Home Screen.