X
Cart 0


Indonesia

Asesmen Lapangan LAMDIK: Prodi Teknologi Pendidikan Jalani Verifikasi Mutu Akademik
10 Desember, 2025 oleh
Asesmen Lapangan LAMDIK: Prodi Teknologi Pendidikan Jalani Verifikasi Mutu Akademik
Yogie Bagas Pambagyo, S.T., MOS.
 
Tangerang Selatan — Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Terbuka (UT) melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) sebagai bagian dari proses akreditasi dan penjaminan mutu pendidikan tinggi. Kegiatan ini berlangsung pada 5–6 Desember 2025 dan bertujuan untuk menilai kesesuaian antara Laporan Evaluasi Diri (LED) dengan kondisi faktual penyelenggaraan program studi di lapangan.

Asesmen lapangan dilaksanakan oleh Prof. Dr. Drs. Darmansyah, ST., M.Pd. dan Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. selaku asesor LAMDIK, yang melakukan verifikasi dan validasi data secara komprehensif pada program studi Teknologi Pendidikan yang diketuai oleh Dra. Marisa, M.Pd.


Kehadiran asesor mencerminkan komitmen LAMDIK dalam memastikan proses akreditasi berjalan objektif, transparan, dan akuntabel.


Kegiatan asesmen dibuka oleh Rektor Universitas Terbuka  Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. dihadiri dan didampingi oleh jajaran pimpinan lainnya Prof. Rahmat Budiman, Ph.D. – Wakil Rektor I, Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si. – Wakil Rektor III, Dr. Hendrian, S.E., M.Si. – Wakil Rektor IV. Selain itu, Dekan FKIP Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. dan para Wakil Dekan FKIP Dr. Heni Safitri, S.Pd., M.Si. (Wakil Dekan bidang Akademik), Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. (Wakil Dekan bidang Keuangan, SDM, dan Umum), Dr. Mukti Amini, M.Pd. (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama).

Kehadiran seluruh pimpinan universitas dan unit pendukung memperlihatkan dukungan penuh terhadap peningkatan mutu Prodi Teknologi Pendidikan. Selama pelaksanaan asesmen, asesor melakukan serangkaian kegiatan yang meliputi penelaahan dokumen akademik dan nonakademik, evaluasi kurikulum, pemeriksaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, serta wawancara dengan pimpinan program studi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni. Proses ini dilakukan untuk memastikan keselarasan antara data yang dilaporkan dalam LED dengan kondisi nyata di lapangan.


Berdasarkan hasil asesmen lapangan, asesor LAMDIK memberikan sejumlah catatan positif terhadap Program Studi Teknologi Pendidikan. Visi, Misi, Strategi, dan Tujuan (VMST) dinilai telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bersifat realistis, serta memiliki relevansi yang kuat dengan Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Selain itu, visi program studi juga dinilai memiliki keunikan keilmuan yang menjadi ciri khas Prodi Teknologi Pendidikan. Dari aspek tata pamong, UPPS dinilai telah menunjukkan kepemimpinan yang baik dan efektif dalam mendukung penyelenggaraan dan pengembangan program studi.

Di samping capaian tersebut, asesor juga menyampaikan beberapa rekomendasi perbaikan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu berkelanjutan. Rekomendasi tersebut mencakup perlunya peninjauan kembali pendataan kerja sama agar lebih akurat dan terdokumentasi secara sistematis, penyempurnaan dokumen kurikulum agar sepenuhnya sesuai dengan ketentuan, serta penguatan dan pelengkapan data penelitian pada Kriteria 7. Selain itu, prestasi mahasiswa perlu terus dikawal dan ditingkatkan sebagai bagian dari capaian kinerja akademik program studi.

Menanggapi hasil asesmen tersebut, pimpinan Program Studi Teknologi Pendidikan bersama unit penjaminan mutu menyatakan komitmennya untuk menindaklanjuti seluruh catatan dan rekomendasi yang diberikan. Asesmen lapangan ini dipandang tidak hanya sebagai proses evaluasi, tetapi juga sebagai momentum refleksi dan perbaikan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas akademik, tata kelola, dan daya saing lulusan.


Selanjutnya, hasil asesmen lapangan akan dirumuskan dalam Berita Acara resmi oleh asesor dan disampaikan kepada LAMDIK untuk proses penilaian lebih lanjut. Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Terbuka berharap hasil akreditasi yang diperoleh dapat mencerminkan komitmen kuat terhadap mutu pendidikan tinggi dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Prodi Teknologi Pendidikan berharap dapat memenuhi standar LAMDIK dan meraih peringkat akreditasi UNGGUL sebagai bukti komitmen terhadap mutu pendidikan.

 


di dalam ​Berita
Share this post
Our blogs

and then Add to Home Screen. To install this Web App in your ISO device press